Augmented Reality

tertambah , atau kadang dikenal dalam singkatan bahasa inggris AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda - benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataanm, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

Benda - benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan inderanya sendiri. Hal ini membuat realitas tertambah sesuai sebagai alat untuk membantu presepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan kegiatan dalam dunia nyata.

Realitas tertambah dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman. Selain digunakan dalam bidang seperti kesehatan, militer, industri manufaktur, realitas tertambah juga telah diaplikasikan dalam perangkat - perangkat yang digunakan orang banyak, seperti pada telepon genggam.

Pengertian

Augemented Reality
Ronald T. Azuma (1997) mendefinisikan augmented reality sebagai penggabungam benda benda nyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata, dan terdapat integrasi antarbenda dalam tiga dimensi, yaitu benda maya terintegrasi dalam dunia nyata.

Virtuality Continuum

Miligram dan Kishino (1994) merumuskan kerangka kemungkinan penggabungan dan peleburan dunia nyata dan dunia maya ke dalam sebuah kontinuum virtualitas.

Sisi yang paling kiri adalah lingkungan nyata yang hanya berisi benda nyata, dan sisi paling kanan adalah lingkungan maya yang berisi benda maya.

Dalam realitas tertambah, yang lebih dekat ke sisi kiri, lingkungan bersifat nyata dan benda bersifat maya, semetara dalam augmented virtuality atau visualitas tertambah, yang lebih dekat ke sisi kanan, lingkungan bersifat maya dan benda bersifat nyata. Realitas tertambah dan virtualitas tertambah digabungkan menjadi mixed reality atau realitas campuran.

Perangkat

Terdapat dua tipe perangkat Head-Mounted Display (HMD) yang digunakan dalam aplikasi realitas tertambah, yaitu opaque HMD dan see-thourgh HMD. Keduanya digunakan untuk berbagai jenis pekerjaan dan memiliki keuntungan kerugian masing masing.

Opaque Head-Mounted Display
source : surantowidhi.blogspot.com

Ketika kegunaan di atas satu mata, pengguna harus mengintegrasikan padangan dunia nyata yang diamati melalui mata yang tidak tertutup dengan pencitraan grafis yang diproyeksikan kepada mata yang satunya. Namun, ketika digunakan menutupi kedua mata, pengguna mempresepsikan dunia nyata melaui rekaman yang ditangkap oleh kamera. Sebuah komputer kemudian menggabungkan rekaman atas dunia nyata tersebut dengan pencitraan grafis untuk menciptakan realitas tertambah yang didasarkan pada rekaman.

See-Through Head-Mouted Display
source : techon.nikkeibp.co.jp
Tidak seperti penggunaan opaque HMD, See-Through HMD menyerap cahaya dari lingkunga luar, sehingga memungkinkan pengguna untuk secara langsung mengamati dunia nyata dengan mata. Selain itu,
sebuah sistem cermin yang diletakkan didepan mana pengguna memantulkan cahaya dari pencitraan grafis yang dihasilkan komputer. Pencitraan yang dihasilkan merupakan gabungan optis dari pandangan atas dunia nyata dengan pencitraan.

Virtual Retinal Display
source : www.cnet.com
Virtual Retinal Displays (VRD), atau disebut juga dengan retinal scanning displays (RSD), memproyeksikan cahaya langsung kepada retina mata pengguna. Tergantung pada intensitas cahaya yang dikeluarkan, VRD dapat menampilkan proyeksi gambar yang penuh dan juga tembus pandang, sehingga pengguna dapat menggabungkan realitas nyata dengan gambar yang diproyeksikan melaui sistem
penglihatannya. VRD dapat menampilkan jarak pandang yang lebih luas daripada HMD dengan gambar beresolusi tinggi. Keuntungan lain VRD adalah konstruksinya yang kecil dan ringan. Namun, VRD yang ada kini masih merupakan prototipe yang masih terdapat dalam tahap perkembangan, sehingga masih belum dapat menggantikan HMD yang masih dominan digunakan dalam bidang realitas tertambah.

Penggunaan

Kesehatan
source : readwrite.com
Bidang ini merupakan salah satu bidang yang paling penting bagi sistem realitas tertambah. Contoh penggunaanya adalah pada pemerikasaan sebelum operasi, seperti CT Scan atau MRI, yang memberikan gambaran kepada ahli bedah mengenai anatomi internal pasien. Dari gambar - gambar ini kemudian pembedahan direncanakan. Realitas tertambah dapat diaplikasikan sehingga tim bedah dapat melihat data CT Scan atau MRI pada pasien saat pembedahan berlangsung. Penggunaan lain adalah untuk pencitraan ultrasonik, dimana teknisi ultrasonik dapat mengamati pecintraan fetus yang terletak di abdomen wanita yang hamil.

Manufaktur dan Reparasi
source : www.metaio.com
Bidang lain dimana realitas tertambah dapat diaplikasikan adalah pemasangang, pemeliharaan, dan reparasi mesin - mesin berstuktur kompleks, seperti mesin mobil. Instruksi - nstruksi yang dibutuhkan dapat dimengerti dengan realitas tertambah, yaitu dengan menampilkan gambar - gambara tiga dimensi di atas perlatan yang nyata. Gambar - gambara ini menampilkan langkah - langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikannya dan cara melakukannya. Selain itu, gambara - gambar tiga dimensi ini juga dapat dianimasikan sehingga instruksi yang diberikan menjadi semakin jelas.

Hiburan
www.rossvideo..com
Bentuk sederhana dari realitas tertambah telah dipergunakan dalam bidang hibuan dan berita untuk waktu yang cukup lama. Contohnya adalah pada acara laporan cuaca dalam siaran televisi dimana wartawan ditampilkan berdiri didepan peta cuaca yang berubah. Dalam studio, wartawan tersebut sebenarnya berdiri didepan layar biru atau hijau. Pencitraan yang asli digabungkan dengan peta buatan komputer menggunakan teknik yang bernama chroma-keying.

Pelatihan Militer
www.americansentiel.edu
Kalangan militer telah bertahun - tahun menggunakan tampilan dalam kokpit yang menampilkan informasi kepada pilot pada kaca pelindung kokpit atau kaca depan helm penerbangan mereka. Ini merupakan sebuah bentuk tampilan realitas tetambah. SIMNET, sebuah sistem permainan simulasi perang, juga menggunakan teknologi realitas tertambah. Dengan melengkapi anggota militer denganb tampilan kaca depan helm, aktivitas unit lain yang berpartisipasi dapat ditampilkan.

Navigasi Telepon Genggam
www.indegnss.com
Dalam waktu kurun 1 tahun ini, telah banyak integrasi realitas tertambah yang dimanfaatkan pada telepon genggam. Saat ini ada 3 Sistem Operasi telepon genggam besar yang secara langsung memberikan dukungan terhadap teknologi Realitas tertambah melalui antarmuka pemrograman aplikasinya masing - masing. Untuk dapat menggunakan kamera sebagai sumber aliran data visual, maka Sistem Operasi tersebut mesti mendukung penggunaan kamera dalam modus pratayang.

0 komentar:

Posting Komentar

Reffel Rere. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Muhammad Refel H
Lihat profil lengkapku

Total Pageviews

Copyright © 2012 Rere Share Template by : UrangkuraiPowered by Blogger.