6 Prinsip Dalam Membuat Desain Website

            Dalam perancangan desain suatu websitem haruslah kita membuat sebaik mungkin agar para pembaca terasa mudah dan nyaman mengoperasikan website.
            Disini ada 6 prinsip yang harus diperhatikan saat membuat website,sebelum saya mengomentari blog saya sendiri.
1.    Metaphor atau metafora merupakan aplikasi yang menghubungkan antara presentasi dan elemen-elemen visual dengan item-item yang berkaitan. Contoh dari Metaphor adalah website toko online yang dimana pengunjung dibawa ke tempat seolah-olah mereka benar ada di toko online tersebut.
2.    Clarity yaitu dimana dalam mendesain suatu web harus ada sebuah tujuan tertentu ataupun bisa dibilang kalau harus mempunyai tujuan yang jelas. Contoh peletakan suatu button, pembuat harus memiliki alasan mengapa diletakkan di tempat tersebut.
3.    Consistency yaitu konten yang di isi harus mempunyai tema yang konsisten dimana tidak berubah-ubah harus mempunyai satu acuan pokok.
4.    Alignment yaitu merupakan kerapian dari suatu desain web tersebut yang mana tentunya akan mempengaruhi si pembaca dalam menyimak website tersebut bisa dimulai dari bentuk paragraph ataupun tambahan-tambahan gambar yang terdapat di dalam web tersebut.
5.    Proximity yaitu persiapan serta kelengkapan dari suatu website dan juga bisa menyesuaikan dengan tema pembicaraan dengan mempunyai beberapa perangkat pendukung atau item-item yang benar-benar bisa membuat suasana menjadi lebih hidup.
6.    Contrast yaitu masalah tampilan yang harus memberikan kesan yang nyaman untuk pengguna atau pengunjung website tersebut.
Setelah saya jelaskan satu persatu prinsip desain grafis,sekarang saya akan mengomentari blog saya berdasarkan prinsip prinsip desain grafis.
1.      Metaphor : Saya rasa tentang prinsip metaphor belum saya terapkan kedalam blog saya.karena saya membuat blog secara simpel,dan saya akan berusaha membuat pembaca akan lebih merasa nyaman.
2.      Clarity : Saya rasa tentang prinsip Clarity sudah saya terapkan,namun saya belum menyempurnakan link sosial media dalam blog saya.
3.      Consistency : Dalam Consistency saya sudah berusaha untuk memenuhinya dalam segi background dll,mungkin untuk beberapa orang pasti kurang jelas dalam warna font.Namun saya masih meggunakan template teman blog saya.
4.      Alignment : dalam prinsip ke empat ini,ada beberapa postingan terdahulu yang mungkin membuat pembaca tidak nyaman karena dalam penulisan warna font masih kurang jelas,namun dalam postingan terbaru saya,saya sudah usahakan membuat pembaca menjadi lebih nyaman dari sebelumnya,dan dalam segi gambar tidak semua postingan saya sisipkan gambar,hanya pada postinga tertentu saja.
5.      Proximity : dalam prinsip Proximity saya belum sempurnakan karena ada beberapa tulisan yang membuat blog menjadi lebih beragam judul.dalam item item pendukungnya pun saya rasa masih kurang,dan saya akan berusaha membuat pembaca menjadi lebih nyaman lagi.
6.      Contrast : Pada segi tampilan blog ini saya sudah terapkan hanya terfokus pada 2 warna hitam dan abu abu.dan  mungkin dapat membuat para pembaca menjadi lebih nyaman.

0 komentar:

Posting Komentar

Reffel Rere. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Muhammad Refel H
Lihat profil lengkapku

Total Pageviews

Copyright © 2012 Rere Share Template by : UrangkuraiPowered by Blogger.