Penjelasan dan Penggunaannya
E-commerce atau Perdagangan Elektronik mengubah bentuk
persaiangan, kecepatan bertindak, dan perampingan interaksi, produk dan
pembayaran dari pelanggan ke perusahaan dan perusahaan ke pemasok. Sistem
e-commerce bergantung pada sumber daya internet dan banyak teknologi informasi
lainnya untuk mendukung setiap langkah dalam proses. Oleh karna itu,
mengembangkan kemampuan e-commerce telah menjadi pilihan penting yang harus
dipertimbangkan oleh kebanyakan perusahaan saat ini.
Ruang lingkup proses bisnis yang dilibatkan dalam pemasaran, pembelian,
penjualan, dan duk serta jasa dalam perusahaan yang melakukan e-commerce.
Teknologi yang di butuhkan untuk e-commerce adalah sebagian besar teknologi
informasi dan teknologi internet, yang merupakan contoh dari sumber daya
teknologi yang dibutuhkan oleh banyak system e-commerce.
Berbagai kategori e-commerce, banyak perusahaan kini terlibat dalam atau
mensposori tiga kategori dasar dari aplikasi e-commerce : e-commerce
business-to-consumer, business-to-busines, dan consumer-to-consumer. E-commerce
business-to-consumer.dalam bentuk ini perusahaan harus mengembangkan pasar
elektronik yang menarik untuk menjual berbagai produk dan jasa ke para
pelanggan. E-commerce business-to-businnes.kategori ini melibatkan pasar
e-business dan hubungan pasar langsung keperusahaan. E-commerce
consumer-to-consumer.melibatkan iklan personal electronic dari produk atau jasa untuk membeli
atau menjual oleh para pelanggan di situs Koran electronic, portal e-commerce
pelanggan, atau situs web.
Pokok-pokok proses E-Commerce Pengendalian Akses dan keamanan proses
e-commerce harus membangun rasa percaya dan akses yang aman antara berbagai
pihak dalam transaksi e-commerce, melalui otentikasi pemakai, pengotorisasian
akses, dan penerapan berbagai fitur keamanan. Membuat profil dan personalisasi.
Proses pembuatan profile dapat dijalankan untuk mengumpulkan data mengenai Anda
dan perilaku serta pilihan situs web anda, dan membangun profil elektronik dari
berbagai karakteristik serta preferensi anda.
Pemberitahuan kegiatan Memainkan peranan yang penting dalam system
e-commerce, karena para pelanggan, pemasok, dan pegawai serta stakeholder
lainnya harus diberitahukan mengenai semua kegiatan yabg dapat berdampak pada
status mereka dalam berbagai transaksi. Kerja sama dan pedagangan Kategori
utama dari proses e-commerce adalah yang mendukung kesepakatan kerja sama
penting dan layanan perdagangan yang dibutuhkan oleh para pelanggan, pemasok,
dan stakeholder lainnya untuk menyelesaikan transaksii e-commerce.
Proses Pembayaran Elektronik Pembayaran untuk poduk dan jasa yang di beli
adalah rangkaian proses nyata dan penting dalam transaksi e-commerce. Proses
pembayaran e-commerce juga rumit karna banyaknya jenis alternative debit dan
kredit serta lembaga keuangan dan perantara yang menjadi bagian dari proses
tersebut. Proses pembayaran Web Kebanyakan system e-commerce di bisnis yang
terlibat dalam Web dan B2C pelanggan bergantung pada proses pembayaran kartu
kredit. Electronic fund transfer, Sistem transfer dana eletronik adalah bentuk
umum dari pembayaran elekronik dalam industry perbankan serta ritel.
- Pembayaran elektronik yang aman. Beberapa alat keamanan dasar yang digunakan untuk mengatasi masalah keamanan ini adalah :enkripsi (kode dan pengacakan) data antara pelanggan dan pedagang,
- enkripsi data yang lewat antara pelanggan dengan transaksi otorisasi kartu kredit perusahaan, atau
- menggambil informasi sensitive secara offline.
Sumber : http://racheljwt.blogspot.com
0 komentar:
Posting Komentar