Dampak dari Bermain Game Online

Game Online adalah suatu jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan internet,game online dapat diakses secara langsung dari sistem perusahaan kepada penikmat game melalui jaringan internet,dapat bermain bersama dan berkomunikasi langsung sesama player di dalam game yang sama.Game Online yang sederhana dan yang terumit pun tersedia dan mudah didapat.Berikut dampak positif dan negatif dari Game Online.
Dampak Negatif :
-          Berkurangnya Sosialisasi
Game Online membuat kecanduan karena dalam game dituntut untuk melakukan hal agar tidak tertinggal dengan orang lain.oleh karena itu waktu jadi terbuang sia – sia dan akibatnya tidak ada rasa ingin bermain dengan anak – anak lainnya.Hal ini juga dapat berakibat buruk terhadap pergaualannya.
-          Mengganggu Waktu Belajar
Banyak sekali anak – anak sekolah yang kecanduan Game Online,sehingga mengganggu waktu belajar mereka.Tidak banyak anak yang rela tidak sekolah gara – gara Game Online bahkan ada yang sampai putus sekolah,selain itu banyak juga yang mengabaikan tugas sekolah.Hal ini berdampak sangat buruk pada Prestasi dan masa depan anak.Kurangnya perhatian dari keluarga membuat seorang anak lebih gampang terjun dan lebih menikamati bermain game.
-          Sulit Berekspresi dan Berinteraksi
Dengan Terbiasa berinteraksi satu arag yaitu depan monitor,membuat anak sulit berinteraksi dan akan menemukan waktu sulit untuk mengekspresikan diri sendiri,dengan otak anak yang terkenal sanga lincah,aktif dan penuh eksplorasi sedikit demi sedikit akan tumpul bila kehidupannya hanya dalam satu ruangan saja karena interaksi sosial juga dapat meningkatkan kepintaran anak.
-          Lupa Segala Hal
Terkadang banyak anak yang tidak tahu akan dampak negatif dari kekurangan makan,minum dan berolahraga yang dapat menyebabkan badan rentan terkena penyakit.Kurangnya aktivitas yang dilakukan tubuh berdampak ketidak bugaran di  masa yang akan datang karena kurang lancarnya metabolisme tubuh.Radiasi yang dipancarkan monitor juga dapat merusak mata dan juga saraf,selain itu banyak sekali para pecandu Game Online yang meninggalkan ibadah.

Dampak Positf :
-          Berkembangnya Kemampuan
Dilakukan penilitian di Amerika Serikat,New York bahwa anak yang sudah mengetahui strategi  dalam game dapat meningkatkan daya kemampuan berkenbang dalam Matematika,pemecahan masalah dan kemampuan membaca terlebih lagi bila game yang biasa dimainkan berbahasa Inggris.
-          Mengalihkan Perhatian
Bagi anak yang mengalami perawatan seperti kemoterapidapat mengalihkan rasa sakit dengan bermain game, tensi darahpun dapat menurun.Dengan tuntutan tangan yang lincah dalam bermain game dapat melancarkan tangan agar tetap lincah terutama bila anak tersebut sedang mengalami cedera tangan.

Tidak ada salahnya bermain Game Online hanya untuk hiburan dan dalam porsi yang standar karena bermain Game Online secara berlebihan dapat banyak mengakibatkan dampak negatif jangka panjang dan jangka pendek.

Sumber : http://www.gudangkesehatan.com

0 komentar:

Posting Komentar

Reffel Rere. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Muhammad Refel H
Lihat profil lengkapku

Total Pageviews

Copyright © 2012 Rere Share Template by : UrangkuraiPowered by Blogger.